Resmikan Bendung Cipasauran, Wagub Ingatkan Tanggungjawab Sosial Industri

-

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama dengan Direktur Utama PT Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi meresmikan Bendung Cipasauran sekaligus Water Treat Plant (WTP) Cidanau milik PT Krakatau Tirta Industri, anak perusahaan PT KS yang bergerak dalam usaha penyediaan air bersih, Rabu (29/8/2018). Dalam peresmian yang dilakukan di lokasi bendung dan WTP tersebut yakni di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang itu, Wagub mengingatkan pihak industri untuk tidak melupakan tanggungjawab sosialnya.

“Pada kesempatan ini, selaku Wakil Gubernur, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Krakatau Tirta Industri dan PT. Krakatau Steel atas segala kepedulian sosial yang telah diberikan kepada masyarakat Banten dan turut serta dalam pembangunan daerah,” kata Wagub.

Dikatakan Wagub, berbagai program kemitraan dan bina lingkungan telah diselenggarakan sebagai wujud kepedulian dan berperan serta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Banten. Khususnya pembangunan sumber daya manusia di Provinsi Banten. Program-program kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota bersama-sama perguruan tinggi dan komunitas produktif melalui program Kemitraan dan Bina Lingkungan agar terus ditingkatkan.

“Hal ini mengacu pada Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 5 tahun 2016 tentang tanggung jawab sosial, kemitraan dan bina lingkungan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Banten berharap agar masyarakat dan seluruh stakeholder pembangunan turut mendukung setiap bentuk investasi yang ada di Provinsi Banten, sepanjang memberikan nilai manfaat dan maslahat bagi masyarakat Banten.

Lebih jauh Wagub mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Banten, dirinya mengucapkan terimakasih dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pimpinan dan karyawan PT. Krakatau Tirta Industri, yang telah mengembangkan infrastruktur strategis melalui pemanfaatan air sungai Cidanau dan air Sungai Cipasauran untuk mendukung iklim investasi di Provinsi Banten khususnya di Krakatau Industrial Estate Cilegon.

Diungkapkan Wagub, dari Bendung Cipasauran diharapkan PT. Krakatau Tirta Industri akan memperoleh sekitar 800 liter per detik untuk mendukung pengembangan PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk sebagai BUMN dan industri strategis lainnya di wilayah Kota Cilegon dan sekitarnya, yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi regional maupun nasional serta penyerapan tenaga kerja.

Salah satu upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan investasi itu, kata Wagub, diantaranya dengan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Kabupaten/Kota untuk menyediakan sarana prasarana penunjang industri, diantaranya penetapan rancana tata ruang wilayah, peningkatan kualitas infrastruktur, penyediaan sarana prasarana industri serta menjamin ketersediaan listrik/gas dan telekomunikasi.

Kata Wagub, berbagai kemajuan telah menandai capaian proses pembangunan yang tengah giat dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Banten bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dan dunia usaha serta seluruh masyarakat. Hal tersebut dapat terlihat dari terus tumbuh dan berkembangnya industri di Provinsi Banten.

“Hingga saat ini jumlah perusahaan industri pengolahan berskala Besar, Menengah dan Sedang 4 berjumlah 1.682 perusahaan dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 487.782 Orang,” ujarnya.